indonesian sembada

PENGEMBALIAN DANA & PRODUK

KOMPLAIN DAN PENGEMBAILAN PRODUK

Pengguna dapat mengajukan komplain dan pengembalian atas pesanan yang diterima kepada penjual “seller” secara langsung, melalui fitur dan menu yang telah disediakan didalam situs ini. Pengguna dapat melakukan komplain dan pengembalian secara keseluruhan dari pesanan dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buat Komplain dan Alasan Pengembalian

    Pengguna dapat melakukan “chat” secara langsung kepada penjual “seller” atau membuka menu daftar transaksi dan menekan tombol buat komplain “make a complain” yang tersedia didalam table pesanan, selanjutnya memberikan alasan komplain dan pengembalian pesanan serta menentukan untuk melakukan pengembalian keseluruhan pesanan dengan memilih produk yang akan dikembalikan.

  2. Masukan Data Komplain Lengkap

    Pengguna wajib memasukan kelengkapan data komplain seperti foto-foto bukti dan video yang membuktikan bahwa terjadi kesalahan atas pesanan yang telah diterima serta mengirimkan komplain kepada penjual “seller”. Penjual “seller” akan merespon komplain dan permintaan pengembalian pengguna berdasarkan data-data yang telah diberikan dalam batas waktu 2 x 24 jam. Penjual “seller” dapat menerima atau menolak permintaan pengguna jika dirasa bukti serta data yang diberikan oleh pengguna tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kebijakan komplain dan pengembalian yang telah dituliskan oleh penjual “seller”.

  3. Meminta Pertimbangan Pengembalian dan Penolakan

    Apabila didalam hal penjual “seller” menolak untuk menerima komplain dan pengembalian dari pengguna, maka pengguna dapat mengajukan banding untuk dapat meminta pertimbangan kedua kepada penjual “seller” untuk menerima permintaan pengembalian, dan jika penjual “seller” tetap menolak permintaan banding maka permintaan pengembalian akan dianggap gagal dan tidak dapat diteruskan.

  4. Pengembalian Disetujui

    Apabila penjual “seller” menyetujui permintaan pengembalian, maka pengguna dapat melanjutkan pengembalian dengan membuat “form” pengiriman dengan menekan tombol pengiriman kembali “delivery return” dan mengisi format yang telah disediakan serta memberikan bukti pengiriman dengan mengisi no resi, foto-foto kemasan dan juga bukti pendukung termasuk produk yang tidak rusak, belum terpakai lengkap dengan kelengkapan produk seperti pada saat diterima, pengiriman Produk kembali wajib dialamatkan kepada alamat penjual “seller” sesuai dengan pada saat Produk dikirimkan.

  5. Pengembalian Pengguna Tidak Sesuai dan Ditolak Penjual “seller”

    Apabila dalam hal pengembalian produk dari pengguna ternyata tidak berjalan sesuai kesepakatan penjual “seller” dan pengguna maka penjual “seller” dapat menolak untuk menerima pengembalian tersebut dan proses pengembalian dana tidak dapat dilanjutkan, untuk itu kedua belah pihak wajib untuk menyelesaikan terlebih dahulu permasalahan yang timbul secara musyawarah dan jika diperlukan maka baik penjual “seller” dan pengguna dapat menhubungi kami untuk membantu dalam hal melakukan keputusan atas penyelesaian komplain dan pengembalian produk yang tidak terselesaikan, dalam hal tersebut maka keputusan yang akan kami ambil merupakan kewenangan kami dan kedua pihak setuju untuk mematuhinya.

  6. Pengembalian diterima Penjual “seller”

    Apabila pengembalian telah diterima oleh penjual “seller” dan sesuai dengan komplain dan produk yang dikembalikan pengguna maka penjual akan menyetujui atas penerimaan pengembalian dan dana pengembalian akan segera diproses oleh sistem.

Pembaruan Terakhir : 17 April 2024